Perjalanan Guru SMA PGRI LARANGAN Menuju Guru Penggerak Angkatan 5

 


Desy Apriliyanti, lahir pada tanggal 10 April 1992. Sekarang berdomisili di Dsn. Kebun RT/ RW 001/ 006 Ds. Pademawu Timur Kec. Pademawu Kab Pamekasan. Riwayat pendidikan pada tahun 1998-2004 sekolah di SDN Panglegur 1, pada tahun 2004- 2007 sekolah di SMP Negeri 1 Pamekasan, pada tahun 2007-2010 melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 4 Pamekasan, kemudian pada tahun 2010-2014 melanjutkan pendidikan di Universitas Madura jurusan pendidikan Bahasa Inggris.

Saya mulai menjadi tutor Bahasa Inggris semenjak masih berada di Tingkat SMA kelas XI di salah satu lembaga kursus Bahasa Inggris di Pemekasan, AEC ( Asa Education Centre) . Kemudian setelah melanjutkan kuliah, saya juga menjadi tutor Bahasa Inggris untuk privat, kemudian menjadi Tutor Bahasa Inggris di LBB NETRON SMP Plus  Nurul Hikmah, dan juga menjadi Tutor Bahasa Inggris di LBB AZRA. Saya juga mengajar di Lembaga pendidikan formal yaitu menjadi guru di SDN Panglegur 1 kemudian sampai saat ini saya menjadi guru dan berSATMINKAL di SMA PGRI LARANGAN, Jl. Raya Sumenep Km 15 Pamekasan. Pada Tahun 2014, saya menjadi Lulusan terbaik dengan IPK tetinggi se Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Madura. Pada tahun 2018, saya mengikuti PPG DALJAB ( Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan) tahap 2 di Universitas Katolik Widya Mandala surabaya dan dinyatakan Lulus sehingga mampu menyandang gelar sebagai guru profesional.

Pada tahun 2021, saya mengikuti seleksi program pemerintah menjadi Calon Guru Penggerak Angkatan 5 sebagai bentuk upaya untuk mempersiapkan diri mengupgrade kemampuan diri menjadi seorang guru yang mampu menghadapi perkembangan pendidikan yang dinamis pada era digital seperti saat ini dan juga untuk pendidikan pada era 5.0 mendatang. Pada bulan Maret 2022 saya dinyatakan lulus menjadi CGP angkatan 5 dan mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak. Pendidikan dimulai pada bulan Mei 2022 dan berakhir pada bulan Desember 2022 dengan pembelajaran melalui DARING pada LMS, Pendampingan Individu, serta Lokakarya. Selama Mengikuti Pendidikan ini, tidaklah mudah dan butuh perjuangan besar karena saya harus membagi waktu dengan sangat baik karena selain mampunyai tugas dan tanggung jawab sebagai guru di SMA PGRI LARANGAN , pada saat itu saya dalam keadaan Hamil dan melahirkan selama mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 5 ini. Namun, hal ini merupakan kepuasaan tersendiri karena untuk mendapat kesempatan ini dan lulus sampai tahap ini, saya harus bersaing dengan puluhan ribu guru se Indonesia. Alhamdulillah, merupakan suatu penghargaan dan nikmat yang luar biasa yang diberikan Allah SWT, saya bisa lulus dan menjadi guru terpilih mengikuti pendidikan ini karena pada kegiatan ini, saya mendapat pengetahuan baru dan pengalaman yang sangat berharga.

Setelah mengikuti kegiatan ini, saya paham bahwa sebagai seorang pendidik kita harus terus bergerak dan menggerakkan orang lain untuk melakukan perubahan meningkatkan kapabilitas diri menjadi lebih baik dalam action ataupun emosional kita pada semua hal yang berkaitan dengan pendidikan, pembelajaran dan kemajuan sekolah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Webinar Komunitas Belajar SMA PGRI LARANGAN