Lulus Narasumber Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset  dan Teknologi mengeluarkan episode merdeka mengajar, pada tanggal 11 Februari 2022 episode yang ke 15 tentang Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar, Satuan Pendidikan yang mengimplementasikan kurikulum merdeka tentunya Sekolah Penggerak, namun Pemerintah melalui Kemendikbudristek membuka kesempatan bagi Satuan Pendidikan untuk menerapkan kurikulum merdeka jalur mandiri, Kepala Sekolah bisa mendaftar melalui SIM PKB masing-masing, untuk jalur mandiri ada tiga kategori yaitu : mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi.

Bagi satuan pendidikan yang mengimplementasikan kurikulum merdeka baik Kepala Sekolah dan guru bisa belajar secara mandiri di Platform Merdeka Mengajar pada pelatihan mandiri, perlu diketahui bersama bahwa ada enam strategi/dukungan pemerintah dalam menerapkan implementasi kurikulum merdeka jalur mandiri, diantaranya :  Platform Merdeka Mengajar(PMM), Seri Webinar, Komunitas Belajar, Narasumber Berbagi Praktik Baik, Helpdesk dan Mitra Pembangunan.

Pada Narasumber praktik baik IKM pemerintah memberikan kesempatan kepada Kepala Sekolah maupun guru se Indonesia dan membuka pendaftaran bagi calon NS BPB IKM sekitar bulan September 2022. Setelah peserta mendaftar tentunya pemerintah akan menyeleksi siapa saja yang akan dinyatakan lulus.

Pada tanggal 29 Oktober 2022 Kemendikbudristek Dirjen GTK mengeluarkan surat dengan Nomor : 3327/B5/GT.01.00/2022 perihal Pengumuman calon Narasumber Berbagi Praktik Baik dan alhamdulilah Bpk Daman Sa'id selaku Kepala SMA PGRI LARANGAN dinyatakan lulus dan akan mengikuti pembekalan sambil menunggu surat berikutnya. tidak mudah untuk lulus calon NS BPB IKM terbukti dari surat yang dikeluarkan kurang lebih hanya 3(tiga) peserta yang lulus se Kabupaten Pamekasan dari semua jenjang.

Pada tanggal 21 November 2022 Kemendikbudristek melalui Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Timur mengeluarkan surat  dengan Nomor : 3646.B7.4/GT.00.02/2022 perihal undangan peserta pembekalan NS Berbagi Praktik Baik Angkatan , bertempat di BBGP Provinsi Jawa Timur Bpk Daman Sa'id mengikuti pembekalan  mulai dari hari kamis s/d minggu tanggal 24 - 27 November 2022 dan secara lancar mengikuti seluruh rangkaian pembekalan yang diberikan oleh instruktur.

Setelah selesai mengikuti pembekalan, Kemendikbudristek melalui BBGP Provinsi Jawa Timur  pada tanggal 27 November 2022 mengeluarkan surat dengan Nomor : 3975/B7.4/PP.01.05/2022 perihal Pengembalian peserta Pembekalan Narasumber Berbagi Praktik Baik Angkatan 1 kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing dan Bpk Daman Sa'id memberikan surat tersebut dan melaporkan hasil pelatihan kepada Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah kabupaten Pamekasan.

Tidak selesai dengan itu Bpk Daman Sa'id diberikan tugas oleh Instruktur BBGP Provinsi Jawa Timur untuk membuat Video Berbagi Praktik Baik di SMA PGRI LARANGAN untuk dikurasi oleh tim, dan alhamdulilah pada tanggal 02 Januari 2023 Video yang dibuat oleh Bpk Daman sa'id di SMA PGRI LARANGAN dinyatakan lulus kurasi dan sebentar lagi Bpk Daman Sa'id akan tersedia di PMM baik dari menjadi Narasumber dan Video yang lulus kurasi akan tayang di PMM. Inilah salah satu bentuk inovasi dan kreasi yang dilakukan oleh Kepala SMA PGRI LARANGAN dan semoga menjadi motivasi bagi semuanya dan bisa memajukan SMA PGRI LARANGAN kedepannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Webinar Komunitas Belajar SMA PGRI LARANGAN