Mengapa Kurikulum Harus Beradptasi

  


Kurang lebih 2(dua) tahun pandemi Covid 19 melanda Negeri tercinta ini, sehinga didunia Pendidikan disemua jenjang melaksanakan pembelajaran secara on line dan tatap muka terbatas.diantara pembelajaran tersebut tentunya ada hal positif dan negatif, bagi lokasi sekolah yang pedalaman dan pinggiran tentunya sangat kesulutan menerapkan pembelajaran on line dikarenakan sulitnya untuk mendapatkan sinyal atau jaringan itu merupakan kendala terbesar sehingga guru dan siswa kesulitan untuk mendapatkan pembelajaran yang merata walapun sudah berusaha semaksimal mungkin dan ini mungkin menjadi catatan dan koreksi bersama khususnya dilingkungan Kemendikbudristek. Sedangkan pembelajaran on line sangat menyenangkan bagi letak sekolah yang ada diperkotaan karena sangat mudah untuk mendapatkan sinyal dan hal positifnya lagi bagi pembelajaran on line bagi guru dan siswa bisa memanfaatkan dan belajar tentang IT, karena pembelajaran on line sangat erat hubungannnya dengan bidang IT seperti Gmeet, Zoom dll. Maka dari itu kemudian Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan terkait dengan kurikulum yaitu kurikulum 2013, kurikulum darurat dan kurikulum merdeka disekolah penggerak. Untuk sekolah yang belum yang belum siap menggunakan kurikulum merdeka maka Kemendikbudristek memberikan kebijakan agar menggunakan kurikulum 2013 sebagai dasar pengelolaan pembelajaran disekolah. Dengan adanya pandemic Covid 19 tentunya membawa dampak besar,sesuai dengan penelitian bahwa Indonesia mengalami learning los atau ketertinggalan dalam Pendidikan, maka dari itu pemerintah melalui Kemendikbudristek juga meluncurkan kurikulum merdeka guna mengejar ketertinggalan didunia Pendidikan, banyak sekali terobosan pemerintah dengan  melakukan atau membuat program untuk para pendidik bisa mendapatkan ilmu dan informasi serta untuk menggali dan meningkatkan SDM dengan memberikan fasilitas gratis seperti pelatihan mandiri, webinar dll.

Berbicara tentang kurikulum tentunya banyak mengandung makna da sampai saat ini belum ada yang spesifik tentang kurikulum itu yang sebenarnya. Bagi pendidik maupun warga sekolah dapat dengan gampang dan mudah memaknainya bahwa kurikulum adalah proses yang menuntun awal terjadinya pembelajaran sampai selesai, mungkin itu makna yang sangat gampang dan sederhana. Kalau kita berbicara tentang kurikulum sejak awal sampai sekarang tidak sama ataupun berubah ubah, tentunya kita pasti ada pertanyaan besar pada benakdiri kita kenapa kurikulum selalu berubah rubah. Kita selaku pendidik ataupun warga sekolah minimal tau tentang kurikulum dari awal sampai sekarang serta bisa memaknai kebutuhan yang sesuai dengan kebutuhan Pendidikan saat ini. Pertama dalam kurikulum tahun 1947 yaitu tentang rencana pelajaran dirinci dalam rencana pembelajaran terurai, kemudian berubah lagi kurikulum tahun 1964, 1968, 1973, 1975, 1984, 1994, 1997, 2004, 2006,  kurikulum  2013 dan yang sekarang kurikulum merdeka, sedangkan kurikulum merdeka ada 3(tiga) kategori yaitu mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi. Itulah gambaran kurikulum dinegeri kita dari awal tahun 1947 sampai sekarang tahun 2022. Dari perubahan kuikulum dari tahun pertahun  tentunya selaku pendidik bisa memaknai ada apa dan kenapa kurikulum berubah, itu pasti terlintas pada benak diri kita masing – masing. Tentunya pemerintah merubah kurikulum bukan hanya sekedar merubah begitu saja namun pasti hasil temuan ataupun proses capaian pembelajaran bahkan disesuiakan dengan kebutuhan jaman, kita selaku pendidik maupun seluruh lapisan masyarakat hindari asumsi ataupun pemikiran – pemikiran yang negatif kepada pemerintah tentang perubahan kurikulum. Sering kita jumpai dilingkungan masyarakat bahwa ganti Menteri Pendidikan  maka ganti  juga kurikulum.kita selaku pendidik yang dibekali ilau serta pengetahuan maka optimis serta hilangkan hal – hal pemikiran negatif tentang perubahan kurikulum.kita selaku pendidik maupun warga sekolah yang faham tentang dunia Pendidikan maka tugas kita memberikan edukasi kepada masyarakat luas, memberikan penjelasan maupun arahan tentang perubahan kurikulum, sehingga masyarakat bisa menerima dengan adanya perubahan kurikulum tersebut.

            Kurikulum melekat erat dengan dunia Pendidikan, sekolah dan kurikulum adalah membawa arah dan tujuan anak bangsa seluruh Indonesia, dengan prinsip seperti itu maka Pendidikan dan kurikulum yang baik memberikan harapan besar dan cita-cita anak bangsa. Perlu kita ketahui bersama bahwa setiap tahun  pergeseran dan perkembangan jaman semakin maju dan berkembang pesat, dari itu kita sebagai pendidik maupun warga sekolah harus peka dan siap menghadapi perkembangan global ini. Dengan salah satunya dibidang Pendidikan karena anak bangsa adalah pelukis masadepan. Dari itu pertanyaan kenapa kurikulum berubah ubah sudah memberikan pandangan buat kita. Kurikulum sangat perlu beradaptasi dengan kemajuan jaman dan lingkungan sekitar kita,maka dari itu pemerintah melalui Kemebdikbudristek meluncurkan kurikulum baru yang dikenal dengan kurikulum merdeka. Sesuatu hal yang baru biasanya sering dijadikan bahan perbincangan, bahan perdebatan bahkan dijadikan isu isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, mengapa demikian,,,!?. Karena terkadang pendidik selalu berada dalam zona aman dan nyaman, makanya tidak mau menerima perubahan atau hal yang baru. Perlu kita ketahui besama bagi seluruh pendidik bahwa sekarang berada pada jaman yang serba modern dan perkembangan teknologi semaki cepat dan canggih. Apabila kita selaku pendidik tidak mau beradaptasi atau tidak mau berubah maka kita akan tertinggal jauh dan bahkan kita akan dikalahkan oleh siswa jaman milenial sekarang ini. Maka dari sekarang ayolah kita berubah dan mau melakukan perubahan serta selalu meningkatkan kapabilitas diri dan harus siap menghadapi  perubahan jaman. Inilah kenapa pemerintah merubah kurikulum dan kurikulum merdeka ini sangatlah tepat pada saat ini,karena kurikulum yang bagus dan cocok adalah kurikulum yang disesuiakan dengan keadaan jaman dan bisa beradaptasi serta bisa memberikan pembelajaran yang tepat bagi siswa.

Pada kurikulum merdeka ini ada hal yang penting dan bisa menjawab kebutuhan siswa serta isu kekinian yang tejadi pada saat ini, karena 3(tiga) point penting yaitu lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka yang pembelajarannya berpusat pada siswa serta siswa boleh berkreasi sesuai dengan minat dan bakatnya, serta lebih relevan dan interaktif sehinggan bisa menciptakan profil pelajar Pancasila, selain itu dikurikulum merdeka ini ada tema projek yang biasa memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyalurkan semuan skill yang dimiliki dan apabila nanti lulus bisa mempunyai pengetahuan dan bekal untuk terjun kemasyarakat baik diduni kerja maupun kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu pentingmya kurikulum harus beradaptasi agar bisa menyesuikan dengan Pendidikan saat ini, Pendidikan yang tepat serta disesuaikan dengan kebutuhan siswa saat ini. Bagi satuan Pendidikan harus memiliki Kurikulum operasional satuan Pendidikan(KOSP) yang mana bertujuan untuk alur maupun petunjuk bagi satuan Pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran disatuan masing – masing. Pemerintah melalui Kemendikbudristek sudah mengeluarkan petunjuk teknis maupun modul – modul tentang  komponen yang ada dalam KOSP. Setiapsatuan Pendidikan tentunya tidak sama baik letak sekolah, kondisi ataupun kebutuhan masing – masing sekolah, ,maka dari itu pemerintah memberikan seluas luasnya untuk satuan Pendidikan untuk memodifikasi atau mengembangkan KOSP masing – masing sekolah yang sesuai dengan kebutuhan. Dari semuanya ini sudah terjawab dengan jelas kenapa kurikum berubah dan kenapa kurikulum harus beradaptasi, mari kita semua pendidik maupun pemangku Pendidikan bersama- sama menyambut dan mensukseskan kurikulum merdeka ini dengan penuh semangat demi mencerdaskan anak bangsa karena  siswa kita terlahir dari  kodrat jaman dan kodrat alam yang berbeda. Teruslah belajar, teruslah tingkatkan SDM kita, teruslah tergerak, bergerak dan menggerakkan. 

Penulis ini adalah Bapak Daman Sa'id beliau Kepala SMA PGRI LARANGAN Kabupaten Pamekasan Jawa Timur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Webinar Komunitas Belajar SMA PGRI LARANGAN