Mengapa Kurikulum Harus Beradptasi
Kurang lebih 2(dua) tahun pandemi Covid 19 melanda Negeri tercinta ini, sehinga didunia Pendidikan disemua jenjang melaksanakan pembelajaran secara on line dan tatap muka terbatas.diantara pembelajaran tersebut tentunya ada hal positif dan negatif, bagi lokasi sekolah yang pedalaman dan pinggiran tentunya sangat kesulutan menerapkan pembelajaran on line dikarenakan sulitnya untuk mendapatkan sinyal atau jaringan itu merupakan kendala terbesar sehingga guru dan siswa kesulitan untuk mendapatkan pembelajaran yang merata walapun sudah berusaha semaksimal mungkin dan ini mungkin menjadi catatan dan koreksi bersama khususnya dilingkungan Kemendikbudristek. Sedangkan pembelajaran on line sangat menyenangkan bagi letak sekolah yang ada diperkotaan karena sangat mudah untuk mendapatkan sinyal dan hal positifnya lagi bagi pembelajaran on line bagi guru dan siswa bisa memanfaatkan dan belajar tentang IT, karena pembelajaran on line sangat erat hubungannnya dengan bidang IT seperti Gmeet, Zoom dll. Maka dari itu kemudian Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan terkait dengan kurikulum yaitu kurikulum 2013, kurikulum darurat dan kurikulum merdeka disekolah penggerak. Untuk sekolah yang belum yang belum siap menggunakan kurikulum merdeka maka Kemendikbudristek memberikan kebijakan agar menggunakan kurikulum 2013 sebagai dasar pengelolaan pembelajaran disekolah. Dengan adanya pandemic Covid 19 tentunya membawa dampak besar,sesuai dengan penelitian bahwa Indonesia mengalami learning los atau ketertinggalan dalam Pendidikan, maka dari itu pemerintah melalui Kemendikbudristek juga meluncurkan kurikulum merdeka guna mengejar ketertinggalan didunia Pendidikan, banyak sekali terobosan pemerintah dengan melakukan atau membuat program untuk para pendidik bisa mendapatkan ilmu dan informasi serta untuk menggali dan meningkatkan SDM dengan memberikan fasilitas gratis seperti pelatihan mandiri, webinar dll.
Berbicara
tentang kurikulum tentunya banyak mengandung makna da sampai saat ini belum ada
yang spesifik tentang kurikulum itu yang sebenarnya. Bagi pendidik maupun warga
sekolah dapat dengan gampang dan mudah memaknainya bahwa kurikulum adalah
proses yang menuntun awal terjadinya pembelajaran sampai selesai, mungkin itu
makna yang sangat gampang dan sederhana. Kalau kita berbicara tentang kurikulum
sejak awal sampai sekarang tidak sama ataupun berubah ubah, tentunya kita pasti
ada pertanyaan besar pada benakdiri kita kenapa kurikulum selalu berubah rubah.
Kita selaku pendidik ataupun warga sekolah minimal tau tentang kurikulum dari
awal sampai sekarang serta bisa memaknai kebutuhan yang sesuai dengan kebutuhan
Pendidikan saat ini. Pertama dalam kurikulum tahun 1947 yaitu tentang rencana
pelajaran dirinci dalam rencana pembelajaran terurai, kemudian berubah lagi
kurikulum tahun 1964, 1968, 1973, 1975, 1984, 1994, 1997, 2004, 2006, kurikulum
2013 dan yang sekarang kurikulum merdeka, sedangkan kurikulum merdeka
ada 3(tiga) kategori yaitu mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri
berbagi. Itulah gambaran kurikulum dinegeri kita dari awal tahun 1947 sampai
sekarang tahun 2022. Dari perubahan kuikulum dari tahun pertahun tentunya selaku pendidik bisa memaknai ada
apa dan kenapa kurikulum berubah, itu pasti terlintas pada benak diri kita
masing – masing. Tentunya pemerintah merubah kurikulum bukan hanya sekedar
merubah begitu saja namun pasti hasil temuan ataupun proses capaian
pembelajaran bahkan disesuiakan dengan kebutuhan jaman, kita selaku pendidik maupun
seluruh lapisan masyarakat hindari asumsi ataupun pemikiran – pemikiran yang
negatif kepada pemerintah tentang perubahan kurikulum. Sering kita jumpai
dilingkungan masyarakat bahwa ganti Menteri Pendidikan maka ganti juga kurikulum.kita selaku pendidik yang
dibekali ilau serta pengetahuan maka optimis serta hilangkan hal – hal
pemikiran negatif tentang perubahan kurikulum.kita selaku pendidik maupun warga
sekolah yang faham tentang dunia Pendidikan maka tugas kita memberikan edukasi
kepada masyarakat luas, memberikan penjelasan maupun arahan tentang perubahan
kurikulum, sehingga masyarakat bisa menerima dengan adanya perubahan kurikulum
tersebut.
Kurikulum melekat erat dengan dunia
Pendidikan, sekolah dan kurikulum adalah membawa arah dan tujuan anak bangsa
seluruh Indonesia, dengan prinsip seperti itu maka Pendidikan dan kurikulum
yang baik memberikan harapan besar dan cita-cita anak bangsa. Perlu kita
ketahui bersama bahwa setiap tahun
pergeseran dan perkembangan jaman semakin maju dan berkembang pesat,
dari itu kita sebagai pendidik maupun warga sekolah harus peka dan siap
menghadapi perkembangan global ini. Dengan salah satunya dibidang Pendidikan
karena anak bangsa adalah pelukis masadepan. Dari itu pertanyaan kenapa
kurikulum berubah ubah sudah memberikan pandangan buat kita. Kurikulum sangat
perlu beradaptasi dengan kemajuan jaman dan lingkungan sekitar kita,maka dari
itu pemerintah melalui Kemebdikbudristek meluncurkan kurikulum baru yang
dikenal dengan kurikulum merdeka. Sesuatu hal yang baru biasanya sering
dijadikan bahan perbincangan, bahan perdebatan bahkan dijadikan isu isu yang
tidak bisa dipertanggungjawabkan, mengapa demikian,,,!?. Karena terkadang
pendidik selalu berada dalam zona aman dan nyaman, makanya tidak mau menerima
perubahan atau hal yang baru. Perlu kita ketahui besama bagi seluruh pendidik
bahwa sekarang berada pada jaman yang serba modern dan perkembangan teknologi
semaki cepat dan canggih. Apabila kita selaku pendidik tidak mau beradaptasi
atau tidak mau berubah maka kita akan tertinggal jauh dan bahkan kita akan
dikalahkan oleh siswa jaman milenial sekarang ini. Maka dari sekarang ayolah
kita berubah dan mau melakukan perubahan serta selalu meningkatkan kapabilitas
diri dan harus siap menghadapi perubahan
jaman. Inilah kenapa pemerintah merubah kurikulum dan kurikulum merdeka ini
sangatlah tepat pada saat ini,karena kurikulum yang bagus dan cocok adalah
kurikulum yang disesuiakan dengan keadaan jaman dan bisa beradaptasi serta bisa
memberikan pembelajaran yang tepat bagi siswa.
Komentar
Posting Komentar